Latar Belakang

Kelembagaan mahasiswa adalah sebuah wadah aktualisasi minat, bakat, dan kemampuan serta pengembangan sumber daya manusia dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Fakta sejarah membuktikan banyak tokoh-tokoh nasional dan daerah, sebagian aktif sebagai penggiat kelembagaan mahasiswa pada zamannya. Bahkan dalam dunia kerja sekalipun, tidak sedikit para aktivis kelembagaan mahasiswa diterima dan ditempatkan pada posisi strategis. Hal ini membuktikan bahwa ternyata mahasiswa tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan intelektual dari proses belajar mengajar didalam kelas, tapi juga “soft skill “ untuk menembus peluang kerja. Dimana “ soft skill “ yang dimaksud dapat diperoleh dari kegiatan-kegiatan dikelembagaan mahasiswa.
Dari wacana diatas sudah menjadi hal patut dan harus dilakukan adanya proses internalisasi nilai dan pemahaman tentang betapa pentingnya kelembagaan mahasiswa dengan segala dinamikanya. Ditambah lagi dengan adanya sindrom “ apatisme “ yang cukup besar pada mahasiswa UR, yang memaksa kelembagaan mahasiswa hari ini berfikir keras untuk berangsur-angsur mengobati dan mengubahnya menjadi potensi yang positif.
Himaprodi Pendidikan Sejarah yang merupakan sebuah kelembagaan mahasiswa berbasis gerakan di Universitas riau, menyediakan wadah untuk mahasiswa Universitas Riau untuk mengembangkan potensi minat, dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa.

Pekan Cinta sejarah merupakan kegiatan yang diharapkan dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif dengan segala potensi diri yang dimiliki dalam bidang seni. Dengan semangat ini kami atas nama mahasiswa Universitas Riau dapat menunjukan bakat dan berkompetisi dalam ajang Pekan Cinta sejarah. Dan pada penyelenggaraannya tahun ini berkonsep pada bingkai intelektual yang diharapkan melahirkan ide/gagasan kreatif karya anak negeri bumi lancang kuning untuk perbaikan dan perubahan bangsa ataupun negara.